Tahap Mematikan Mesin Mobil Secara Baik dan Benar

foto: pormadi

Para pemilik mobil kerap mematikan mesin mobil secara tiba-tiba. Padahal, sejumlah komponen di dalam mesin masih bergerak. Bahkan sistem kelistrikan masih menyala, karena menghidupkan audio hingga AC. Berbagai alasan diungkapkan, mulai terburu-buru hingga sudah menjadi kebiasaan. Menurut situs resmi Nissan, mematikan mesin mobil secara tiba-tiba dapat memicu kerusakan pada mobil.

Meskipun kita rutin melakukan servis pada mobil, jika perlakuan kita terhadap mobil salah, kerusakan tetap akan mungkin terjadi. Kemungkinan kerusakan tersebut bisa terjadi akibat masih adanya pergerakan mesin yang tidak diikuti oleh pelumasan, sehingga komponen mesin dapat bergesekan secara kasar. Saat mematikan mesin yang menyala dan kencang, tekanan pelumas mobil akan menurun secara drastis namun tidak dengan pergerakan mesin. Untuk itu, pemilik mobil diharapkan untuk menghindari kebiasaan menggeber.

Menurut situs resmi Nissan, ada beberapa tahap mematikan mesin mobil secara baik dan benar, seperti di bawah ini.

Pertama, saat ingin berhenti, sebaiknya anda mulaiĀ  mengurangi kecepatan mobil. Dengan begitu, mesin mobil bisa menyesuaikan pergerakannya. Kemudian saat mobil mobilĀ  sudah terparkir dengan benar, berikanlah sedikit jeda sebelum anda mematikan mesin.

Kedua, Saat memberikan jeda, anda perlu mengecek berbagai jenis komponen dalam mobil. Pasalnya, beberapa komponen akan tetap aktif menyala walaupun mesin mobil telah mati. Hal ini pula yang bisa menyebabkan aki mobil annda mati.

Ketiga, Hal yang perlu anda perhatikan sebelum mematikan mesin mobil tak lain adalah mematikan AC terlebih dahulu. Jika anda tak ingin mesin atau AC mobil anda rusak, anda harus membiasakan untuk mematikan AC mobil terlebih dahulu.

Keempat, audio mobil juga harus dimatikan terlebih dahulu. Audio yang hidup dengan dukungan aki tentu akan kaget karena tekanan aki saat mobil beru menyala tidaklah stabil.

Jika petunjuk tersebut kita terapkan, maka akan ada beragam manfaat yang didapatkan, mulai dari terawatnya mesin, komponen listrik mobil, hingga semakin lamanya usia mobil anda. Oleh karena itu, hindarilah kebiasaan mematikan mesin secara tiba-tiba supaya performa mobil anda tetap terjada dengan baik (otomotifliputan6/dm)

Written by 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *