Saat Macet, Manfaatkan Rem Parkir, Bukan Menginjak Kopling

foto: dmi/pormadi

Banyak pengguna mobil mengeluhkan rusaknya kopling sehabis liburan. Rusaknya kopling dinilai akibat cara penggunaan yang salah saat mobil berada dalam kemacetan ciri khas libur panjang. Kesalahan penggunaan ini kebanyakan terjadi pada pengemudi pemula.

Menurut pengalaman penulis, kita perlu menggunakan kopling secara benar agar tidak cepat rusak, walaupun digunakan untuk perjalanan jauh saat liburan.

Yang terjadi kerapkali pengguna mobil manual, khususnya pemula, malas untuk memindahkan tuas persnelling ke posisi netral seraya menekan rem tangan saat situasi macet. Mereka lebih memilih tetap menginjak  kopling, padahal cara ini salah.

Pada dasarnya, kalau gasnya ditekan separuh, kopling ditekan separuh, fungsi pengereman yang harusnya ada pada handbrake (rem tangan) jadi digantikan kopling. Kopling difungsikan seperti rem. Ini yang salah, dan tindakan ini mempercepat kopling rusak atau aus.

Cara yang benar adalah memindahkan tuas persnelling ke posisi netral sambil mengaktifkan rem tangan merupakan cara yang tepat saat menghadapi macet. Tujuannya tentu untuk mencegah kerusakan dini pada kopling. Lalu kalau mau jalan lagi, baru injak koplingnya, baru masuk gigi. Lalu lepaskan rem tangan pelan-pelan. (dm/kompasotomotif)

Written by 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *