Rahasia atau Tips Sukses Belajar Mengemudi Mobil Pemula

Rahasia sukses atau tips ini berlaku bagi pemula, yang sedang kursus belajar mengemudi atau sudah lulus, namun masih ada rasa grogi atau takut-takut dalam mengemudi mobil. Berikut beberapa rahasia atau tips agar sukses atau berhasil dan mahir dalam menyetir.

Pertama, PERLU ANTISIPASI DAN SIAPKAN YANG HARUS DILAKUKAN.  Dalam menyetir, seorang pengemudi perlu mengantisipasi apa yang akan terjadi, dan menyiapkan tindakan apa yang harus dilakukan. Perhatikan spion kiri, spion kanan, spion dalam mobil. Mata, hati, pikiran, dan telinga harus difungsikan dengan baik dalam mengantisipasi apa yang akan terjadi ketika mengemudi di jalan raya dan apa yang harus dilakukan ketika tiba-tiba sesuatu ada yang terjadi di depan.

Kedua, JANGAN TERPENGARUH.  Pengemudi harus yakin akan logika dan hatinuraninya setelah belajar mengemudi mobil selama sekian lama. Jangan terlalu terpengaruh oleh perintah atau kekuatiran orang di samping kita, yang bisa saja seorang teman, keluarga atau  siapa saja. Coba percaya diri dan lakukan yang terbaik dalam menyetir atau mengemudi mobil seperti yang kamu pelajari dan yakini. Ikuti logika dan hatinuranimu. Yang terpenting adalah keselamatan.

Ketiga, WASPADA. Pengemudi harus konsentrasi dalam menyetir atau mengemudi mobil. Lihat ke depan, waspada atas apa yang akan terjadi dan apa yang harus dilakukan. Ingat juga rahasia atau tips nomor satu, lakukan antisipasi dan siaga menghadapi apapun yang akan terjadi.

Keempat, JAGA KESEHATAN. Sebelum melakukan tugas atau aktivitas mengemudi mobil, pastikan kondisi tubuh dalam keadaaan fit, sehat atau bugas. Untuk itu kita perlu selalu menjaga kebugaran atau kesehatan. Jangan sampai kurang istirahat atau tidur, atau kelaparan. Karena kurang istirahat akan menurunkan daya konsentrasi, daya ingat, dan kesigapan dalam bertindak.

Kelima, JANGAN LUPA BERDOA. Sama dengan aktivitas lainnya, idealnya kita harus memulai dengan doa dan menutup dengan doa. Dalam menyetir atau mengemudi pun, kita perlu mengawali dengan doa. Doa amat membantu kita memiliki hati yang bening, konsentrasi yang lebih baik dan membuat kita melakukan tindakan dengan lebih bijaksana selama menyetir. Dengan doa kita percaya akan bimbingan RAHMAT dan KEKUATAN yang ILAHI dalam perjalanan aktivitas kita. (dmi)

Written by 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *