Teknik Memegang Setir Mobil – Posisi Tangan

Teknik dan posisi tangan dalam memegang setir mobil ternyata tidak sembarang. Sara memegang stir yang tepat perlu diketahui oleh pengemudi atau driver pemula. Cara mengemudi dalam hal memegang stir kemudi mobil tidak sembarangan.

Dalam cara mengemudi, banyak pengemudi yang belum memahami posisi tangan yang benar selama mengemudikan kendaraan. Kerapkali pengemudi menyetir dengan satu tangan, atau memegang bagian dalam setir. Itu bisa membahayakan diri sendiri dan ada alasannya mengapa hal itu dilarang.

Bila tangan posisi yang salah dan tiba-tiba dalam kondisi darurat, tangan tidak bisa bereaksi dengan cepat. Paling parah, saat menabrak sesuatu dan airbag mengembang, tangan yang berada di posisi tidak tepat bisa patah akibat ledakan airbag.

Untuk itu, dalam memegang setir mobil, disarankan posisi tangan harus saling di posisi berlawanan. Ini yang harus diingat pengemudi. Biasanya posisi tangan kanan di arah jam 3 dan tangan kiri di arah jam 9. Saat berbelok, usahakan juga kedua tangan di posisi berlawanan, terus di posisi demikian, jangan berubah.

Saat ini produk otomotif semakin canggih. Bila pengemudi tidak dibekali pengetahuan berkendara yang benar, maka secanggih apapun produk otomotif itu tidak akan melindungi pengendaranya.

Lingkar kemudi itu merupakan alat berkomunikasi dengan kondisi di luar kendaraan. Salah satu alasan kenapa fitur komunikasi di mobil saaat ini berada di area setir, seperti pengatur suara, telepon dan lainnya, karena pentingnya tangan berada di kemudi. Kalau tidak pengemudi mengetahui hal ini, secanggih apapun kendaraannya tidak akan berpengaruh pada keselamatan (dmi/otomania.com)

Written by 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *